Materi Power Point
Microsoft Power Point merupakan salah satu
aplikasi milik Microsoft, disamping Microsoft Word dan Microsoft Excel yang
telah banyak kenal. Ketiga aplikasi ini lazim disebut Microsoft Office. Pada
dasarnya, aplikasi Microsoft Power Point berfungsi untuk membantu user dalam
menyajikan presentasi. Aplikasi ini menyediakan fasilitas Slide untuk dapat
menampung pokok-pokok pembicaraan point-point yang akan disampaikan pada
Audience.
Dengan fasilitas, Animation, suatu slide dapat
dimodifikasi dengan menarik. Begitu juga dengan adanya fasilitas: Font Picture,
Sound dan Effect dapat dipakai untuk membuat suatu slide yang lebih bagus. Bila
keadaan ini dapat disajikan, maka para pendengar dapat kita tarik perhatiannya
untuk menerima apa yang ingin kita sampaikan.
Setiap lembar tayangan berisi materi disebut Slide. Agar
slide yang sedang dibangun dapat menarik, tujuan kita dalam menyampaikan suatu
topik dapat tercapai, dan dapat dimengerti oleh audience dengan efektif, sebaiknya
buat terlebih dahulu point bahasan yang perlu dicantumkan pada slide secara
garis besar, dan diikuti sub point dari masing-masing point yang ada dan
lengkapi dengan gambar, karikatur pada slide yang dimaksud. Berilah bullet,
font, dan color yang menyolok pada point yang paling utama agar menjadi pusat
perhatian.
@PEMAHAMAN
TOOLBAR
Toolbar merupakan salah satu bagian yang paling penting
dari Power Point. Fungsi utama Toolbar adalah mempercepat akses kesejumlah
perintah yang sering dipakai. Untuk menggunakan Toolbar, klik salah satu icon
yang mewakili perintah yang Anda inginkan. Bila icon tampak tertekan
ke dalam, berarti ia sedang diaktifkan. Untuk menonaktifkannya, Anda tinggal
menekan icon tersebut sekali lagi.
Untuk mengaktifkan masing-masing Toolbar, gunakan Menu
View, Toolbar, kemudian tandai nama Toolbar yang ingin ditampilkan, sehingga
muncul tanda cek didepan nama jenis toolbar.
@PENGGUNAAN
MENU
Pada kondisi Default, Menu Bar Power Point terdiri dari
sembilan kelompok menu. Mulai dari File di ujung kiri sampai Help di ujung
kanan. Untuk mengakses perintah pada salah satu menu, cukup klik nama perintah
yang diinginkan. Pada layar akan muncul kotak dialog yang berhubungan dengan
perintah tersebut
@ MEMULAI POWER POINT
Untuk memulai Power
Point ada beberapa tahap yang harus dilakukan, yaitu:
1. Buka Start Menu, dan
pilih Programs, Microsoft Power Point (Lihat gambar 3). Setelah itu akan muncul
kotak dialog Power Point, yang mana nantinya akan diberikan 4 pilihan, dan kita
dapat memilih salah satu options tersebut: Auto Content Wizard, Template, Blank
Presentation, atau Open Existing Presentation.
2. Setelah kita pilih salah satu, klik OK atau tekan
Enter. Selanjutnya, akan muncul layar New Slide dan tentukan AutoLayout yang
kita inginkan.
3. Pilih OK atau tekan Enter.
@TAMPILAN
JENDELA POWER POINT
Setelah kita melakukan kesemua hal di atas, kita akan
melihat layar Power Point dan mulailah untuk membuat Presentasi yang kita
inginkan.
*Keterangan:
Kotak Placeholder, untuk meletakkan aneka objek presentasi.Kotak dialog, kotak yang muncul pada layar bila kita mengaktifkan salah satu menu.
Kita bisa mengatur berbagai pilihan yang tersedia di dalamnya.
Status Bar, pada bagian ini ditemukan dua indikator.
Dari kiri kekanan adalah indikator tampilan slide, dan indikator template.
Menu Bar, disebut juga dengan Pull Down Menu. Bila kita mengklik salah satu menu maka akan terbuka sekelompok menu lain yang berhubungan dengannya.
Scrool Box, yaitu vertikal sisi kanan layar dan horizontal di sisi bawah layar.
Toolbar, seperangkat icon yang berfungsi untuk menggantikan perintah-perintah yang terdapat pada menu Bar.
Kotak Placeholder, untuk meletakkan aneka objek presentasi.Kotak dialog, kotak yang muncul pada layar bila kita mengaktifkan salah satu menu.
Kita bisa mengatur berbagai pilihan yang tersedia di dalamnya.
Status Bar, pada bagian ini ditemukan dua indikator.
Dari kiri kekanan adalah indikator tampilan slide, dan indikator template.
Menu Bar, disebut juga dengan Pull Down Menu. Bila kita mengklik salah satu menu maka akan terbuka sekelompok menu lain yang berhubungan dengannya.
Scrool Box, yaitu vertikal sisi kanan layar dan horizontal di sisi bawah layar.
Toolbar, seperangkat icon yang berfungsi untuk menggantikan perintah-perintah yang terdapat pada menu Bar.
MENYIMPAN DAN MENUTUP
POWERPOINT
Menyimpan Presentasi
Saat pertama kali menyimpan presentasi, gunakan menu
File, Save As. Aplikasi akan menampilkan kotak dialog Save As. Ketikkan nama
file yang kita inginkan pada bagian File Name.
Ketikkan
nama file yang kita inginkan pada bagian File Name. Pilih atau ubah drive penyimpanan pada Menu Save
in. Klik
OK untuk mengakhiri penyimpanan.
Menutup
Presentasi
Setelah selesai bekerja dengan sebuah presentasi dan menyimpannya, Kita tentu ingin menutup presentasi tersebut. Gunakan menu File, Close atau mengklik tombol bergambar pada sudut kanan atas jendela.
Setelah selesai bekerja dengan sebuah presentasi dan menyimpannya, Kita tentu ingin menutup presentasi tersebut. Gunakan menu File, Close atau mengklik tombol bergambar pada sudut kanan atas jendela.
MEMBUKA PRESENTASI
Saat
PowerPoint dijalankan, kotak dialog PowerPoint akan muncul pada layar. Ada
empat pilihan pada kotak dialog ini, meliputi Template, Blank Presentation,
AutoContent Wizard, dan Open Existing Presentation.
Tampilan kotak dialog pada gambar 6 di atas
digantikan dengan penggunaan TaskPane pada versi PowerPoint yang lebih tinggi.
Bila kita ingin memakai file-file presentasi yang sudah
disediakan oleh PowerPoint, pilih Template. Bila ingin membuat presentasi dari
halaman "kosong" tanpa warna atau style, pilih Blank Presentation.
Sementara bila kita membutuhkan panduan tahap demi tahap selama pembuatan,
pilihlah AutoContent Wizard.
Pilihan
Autocontent Wizard
Bila kita memilih ini, pada layar akan muncul secara
berurutan enam buah kotak dialog dengan berbagai pilihan dan kotak isian di
dalamnya, beserta langkah sistematisnya. Selanjutnya tinggal memilih wizard
yang sesuai dengan kebutuhan presentasi yang sedang disiapkan
Pilihan
Template
Bila kita menggunakan ini untuk membuat presentasi baru,
kita tinggal mengklik ganda salah satu icon template yang tersedia pada kotak
dailog New Presentation. Ada empat kelompok template, yaitu:
·
General berisi presentasi kosong.
· Presentation Design berisi lebih dari 20 design template profesional
· Presentations berisi template presentasi yang siap diatur dan memiliki tema khusus.· Web Pages berisi template presentasi untuk keperluan publikasi dalam Internet.
· Presentation Design berisi lebih dari 20 design template profesional
· Presentations berisi template presentasi yang siap diatur dan memiliki tema khusus.· Web Pages berisi template presentasi untuk keperluan publikasi dalam Internet.
Untuk memilih Template,
klik menu Format, Apply Design Template.
Pilihan
Blank Presentation
Bila kita memilih ini, pada kotak dialog PowerPoint akan
muncul kotak dialog New Slide. Kita bisa memilih salah satu tata letak
presentasi yang tersedia.
Tata
letak slide dapat diubah setiap saat, caranya klik menu Format, Slide Layout
atau dengan menekan tombol Slide Layout pada status bar. Setelah slide dibuat,
kita bisa menyisip slide baru dengan mengklik menu Insert, New Slide atau
dengan mengklik tombol New Slide pada Toolbar standard.
Pilihan
Open An Existing Presentation
Selain
membuat presentasi baru, kita juga bisa membuka file-file yang telah dibuat
sebelumnya yang tersimpan pada Harddisk dan Disket. Pada layar akan muncul
kotak dialog Open. Kita bisa mencari file presentasinya.
BEKERJA DENGAN TEKS
Mengetikkan
Teks
Untuk mengisikan teks kedalam slide, kita cukup mengganti
teks contoh (Clik to Add) yang berada pada kotak-kotak placeholder. Pada saat
kita mengklik kotak placeholder, sebuah bingkai akan muncul mengelilinginya. Ini menandakan kotak
tersebut telah dipilih dan siap untuk diisi teks. Pada saat yang sama teks
contoh akan lenyap, ketikkan teks yang akan ditampilkan pada kotak tersebut.
Setelah teks diketikkan, klik ruang kosong diluar bingkai untuk kembali
ketampilan semula. Atau bisa juga dengan mengklik tombol Text Box pada Toolbar
Drawing untuk menyisipkan kotak teks. Mulailah mengetikkan teks yang kita
inginkan.
MEMFORMAT
TEKS
Perataan
Teks
Didalam
slide PowerPoint, pengertian perataan teks adalah posisi teks pada kotak
Placeholder. Rata
pada pinggir kirikah, rata pinggir kanankah, dan seterusnya. Format semacam ini
diperlukan untuk teks-teks tertentu misalnya judul document memakai teks yang
berada diposisi tengah.
Untuk
mengatur perataan teks ikuti langkah-langkah sebagai berikut:
1.
Pilih teks yang akan diatur perataannya, lalu klik menu Format, Alignment.
2. Pada menu yang tampil, klik salah satu pilihan. Left berarti rata kiri, Right berarti rata kanan, Centered berarti rata tengah, dan Justify berarti rata kedua sisi.
2. Pada menu yang tampil, klik salah satu pilihan. Left berarti rata kiri, Right berarti rata kanan, Centered berarti rata tengah, dan Justify berarti rata kedua sisi.
Format
Huruf
Pilih
teks yang akan diubah format hurufnya, lalu klik menu Format, Font. Langkah
selanjutnya, kita atur pilihan-pilihan yang disediakan kotak dialog Font.
Dapat
juga kita mengatur format huruf dengan menggunakan tombol-tombol pada toolbar
Formatting.
Jarak
Baris dan Paragraf
Jarak baris merupakan jarak antara suatu baris teks
diatas serta di bawahnya. Di sini kita bebas mengatur jarak baris secara bebas.
Jarak
Paragraf merupakan jarak antara suatu paragraf dengan paragraf di bawah dan di
atasnya.
Untuk menentukan jarak baris dan paragraf dapat kita
lakukan dengan memilih teks atau paragraf yang akan diubah, kemudian klik
Format, Line Spacing. Klik tanda panah pada kotak Line Spacing, Before paragraf
dan After paragraf. Atau bisa juga dengan mengetikkan langsung pada kotak tersebut
untuk mengubah jarak baris / paragraf keukuran yang diinginkan.
Bullet
Adalah suatu peneomoran dengan menggunakan bentuk-bentuk
geometris seperti lingkaran, bujur sangkar, garis, panah, dan lain-lain. Untuk
memformat Bullet, pilih teks yang akan diberi bullet, lalu klik menu Format,
Bullet.
Kotak dialog akan muncul dilayar. Pada kotak Bullets
From, pilih jenis huruf yang ingin dipakai sebagai bullet. Kita juga bisa
memilih warna dari kotak Color. Dan untuk mengubah ukuran bullet, atur kotak
Size.
Teks
Efek Khusus
Beberapa
bagian slide membutuhkan penanganan khusus. Agar lebih menarik
perhatian, format huruf dekoratif bisa dipakai untuk menulis teks. PowerPoint
menyediakan fasilitas WordArt untuk hal ini. Untuk mengaktifkannya, klik menu
View, Toolbars, WordArt. Toolbar WordArt akan tampil dilayar.
Untuk
menyisipkan teks, klik tombol Insert WordArt. Kotak dialog akan muncul dilayar.
Pilih
salah satu efek yang diinginkan, lalu klik OK.
MENYISIPKAN GAMBAR DAN FOTO
Membuat
Gambar
Untuk mulai menggambar, klik menu View, Slide dan klik
menu View, Toolbars, Drawing Toolbars. PowerPoint telah menyediakan fasilitas
pembuatan gambar, caranya klik tombol AutoShapes pada Toolbar Drawing.
Ada enam pilihan bangun, yaitu; Lines (macam-macam garis),
Basic Shapes (bangun sederhana), Block Arrows (macam-macam panah), Flowchart
(simbol-simbol diagram alir), Stars and Banners (bintang dan banner), dan
Callouts (kotak keterangan gambar). Arahkan pointer kemasing-masing pilihan
untuk melihat isinya.
Mengatur Posisi Objek Pada Slide
Kita bisa menggunakan fasilitas ini dengan mengklik
tombol Draw, Align or Distribute (Bila menu ini nonaktif, klik pilihan Relative
to Slide untuk mengaktifkannya). Klik tombol yang sesuai dengan keinginan kita.
Menyisipkan
Foto
Kita dapat langsung
menyisipkan foto kedalam slide, caranya: tempatkan pointer mouse kebagian
document yang ingin disisipi, kemudian klik menu Insert, Picture, From File.
Menyisipkan Media
Audio Visual
Media audio visiual
seperti movie, sound, lagu, animasi dan atau suara yang langsung bila hardware
komputer yang tersedia memungkinkan. Langkah penyisipan melalui tandar toolbar
Insert sebagai berikut
Selain
objek penyisipan tersebut di atas, masih terdapat banyak objek lain yang dapat
disisipkan dalam slide PowerPoint seperti terlihat pada pilihan menu Insert
gambar 21. Objek lain yang dapat disisipkan diantaranya adalah, Organisation
Chart, Tabel, Diagram, Chart dan sebagainya.
Sisipan dokumen lain
dapat dilakukan pula dari Ms Word dan atau Ms Exel melalui menu Insert, Object
dan klik pilihan objek sumber lain yang diinginkan.
PENUTUP
Menjalankan
Presentasi
Saat menjalankan presentasi pada layar komputer
(on-screen), seluruh layar akan digunakan dan komponen-komponen layar seperti
toolbar, menu, dan lain-lain akan hilang dari layar. Cara menjalankan
presentasi ini cukup sederhana, buka presentasi yang akan dijalankan, lalu klik
menu View, Slide Show atau menu Slide Show, View Show. Bisa juga digunakan
KeyStroke F5, tapi perlu diingat bahwa cara ini akan selalu membawa kita pada
presentasi yang dimulai dari slide pertama.
Selanjutnya untuk menuju slide-slide yang lain kita bisa
menggunakan salah satu: enter, panah, tuts N (next) dan tust P (previous) pada
keybord. Bisa juga menggunakan klik kiri pada mouse dan atau scroll maju (untuk
next) dan mundur (untuk previous).
Untuk
menuju halaman tertentu, klik kanan mouse sehingga muncul dialog box pada
Gambar 22, klik Go, By Title dan pilih slide yang akan dituju sesuai dengan
titlenya.
Memilih
Media Presentasi dan Mencetak Presentasi
Memilih Media Media presentasi adalah bahan atau alat
yang dipakai untuk menyajikan presentasi. Untuk memilih media presentasi, klik
menu File, Page Setup. Kotak dialog akan muncul, isikan sesuai yang kita
inginkan.
Mencetak
Presentasi
Kita dapat mencetak komponen-komponen presentasi mulai
dari slide, notes pages, handout, sampai outline. Untuk mencetak salah satu
komponen, klik menu File, Print. Kotak dialog akan muncul di layar. Pada bagian
Print What, pilih komponen yang akan dicetak.
Jenis cetak yang dibuat seharusnya disesuaikan dengan
kebutuhan yang ada. Sebagai contoh bila dipilih Print what Handouts, Color
Grayscale, Slides per pages 4 maka akan kita peroleh printout dengan bentuk
satu lembar berisi 4 slide dengan warna gambar backgraound abu-abu dan text
hitam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar